III. JENIS DAN RUANG LINGKUP SOP
• JENIS SOP:
- SOP Profesl (Keilmuan/Teknis) : merupakan SOP keilmuan / teknis untuk profesi Medis , Keperawatan, dan profesi lainnya. SOP memuat proses kerja untuk Diagnostik, Terapi. Tindakan, Asuhan.
- SOP Pelayanan (Manajerial) : merupakan SOP Pelayanan Medik, Keperawatan, Penunjang Medik yang bersifat manajerial / administrasi atau berhubungan dengan pelayanan pasien.
- SOP Administrasi : mengatur tata cara kegiatan dalam organisasi termasuk hubungan antar unit kerja. dan kegiatan-kegiatan non-medis.
• RUANG LINGKUP SOP:
- SOP Profesi mencakup :
- Pelayanan Medis meliputi:
Komite Medik/SMF. Rawat Inap. Rawat Jalan,
Pelayanan Gawat Darurat, ICCU / ICU, Kamar Bedah dsb
Contoh:
-
SOP penanganan pasien
untuk sesuatu penyakit (standar pelayanan medis Pielonefritis Akut,
Konyungtivitis Purulenta, Perdarahan Antepartum, Tetanus Neonatorum,
Apendisitis Akut dsb.
-
SOP untuk Diagnostik /
Terapi : Punksi Lumbal, Biopsi Ginjal, WSO (Water Sealed Drainage) Thorax / Paru,
Prosedur berbagai pemeriksaan Endoskopi, Pemberian obat kejang demam,
penanganan renjatan anafilaktik
-
Standar Prosedur
Operasional Radiodiagnostik (Standar Profesi Radiologi)
-
Prosedur Perinatal Risiko Tinggi
-
Prosedur penanganan
kasus 5 besar (True emergency) di IGD. GD Bedah / GD Medik
-
dsb
SOP
- 2
b. Pelayanan Keperawatan
Contoh:
-
SOP/Standar asuhan
keperawatan, Standar peralatan keperawatan, SOP Persiapan pasien operasi, dsb
c. Pelayanan Profesi lain meliputi :
Laboratorium, Radiologi, Rehabilitasi
Medis, Farmasi, dsb Contoh:
- SOP pemeriksaan (teknis) laboratorium.
Standar pelayanan radiologi. Dsb.
2. SOP Pelayanan (Manajerial) mencakup
pelayanan-pelayanan medis secara umum :
Contoh:
Prosedur Dokter Jaga Ruangan. Prosedur
Konsultasi Medis. Prosedur Rujukan Keluar RS, Prosedur Masuk/Keluar ICU,
Pertemuan Klinik, Seleksi. Staf Medik, Pemilihan Ketua SMF, Prosedur
Visite/Ronde. Pengawasan / Penerapan Standar Pelayanan Medik, Prosedur
Penjadwalan Dokter / Perawat / Petugas lain Jaga di IGD. Prosedur Informed
Consent, Prosedur Triage, Prosedur pengadaan obat / Alkes di IGD. Prosedur
Rotasi-Mutasi-Cuti Perawat. Penerimaan Pasien di Ruang Rawat Anak, Prosedur
Pelayanan Perbekalan Farmasi, Prosedur Pengelolaan Perbekalan Farmasi yang
kadaluarsa. Prosedur Pengambilan Hasil Radiologi. Prosedur Penyimpanan Dokumen
Paparan Radiasi (Radiologi). Pedoman Pengendalian Infeksi Nosokomial RS.
Prosedur Sterilisasi. Prosedur Pengelolaan linen di Kamar Operasi, dsb
3. SOP Admlnistrasi umumnya mencakup
kegiatan di unit-unit nonmedis :
Contoh:
Prosedur Pendaftaran Pasien. Petunjuk
'Teknis Penyelenggaraan Rekam Medis. Perencanaan Program / Proyek / Kegiatan ;
Keuangan : Billing system. Akuntansi, Penyusunan Anggaran / Penyusunan Master Budget ; Per1engkapan :
Pengadaan perlengkapan. Pemeliharaan. Penghapusan : Kepegawaian : Penerimaan
pegawai. Mutasi. Penilaian kepegawaian. Penghargaan, Pelatihan ; Pelaporan ;
Prosedur - prosedur K-3 dan Kesehatan Lingkungan. Prosedur Administratif Instalasi
Radiologi. Prosedur Penyimpanan Arsip Hasil Pemeriksaan Laboratorium, Pedoman
Keamanan Karja Laboratorium, Prosedur Pemeliharaan & Perbaikan Alat
(Lab/Radiologi / Kamar Operasi). Prosedur Asuransi, dsb
0 comments:
Post a Comment