Searching...

Popular Posts

Thursday, January 31, 2013

JENIS DAN RUANG LINGKUP SOP

10:42:00 PM


III. JENIS DAN RUANG LINGKUP SOP
• JENIS SOP:
  1. SOP Profesl (Keilmuan/Teknis) : merupakan SOP keilmuan / teknis untuk profesi Medis , Keperawatan, dan profesi lainnya. SOP memuat proses kerja untuk Diagnostik, Terapi. Tindakan, Asuhan.
  2. SOP Pelayanan (Manajerial) : merupakan SOP Pelayanan Medik, Keperawatan, Penunjang Medik yang bersifat manajerial / administrasi atau berhubungan dengan pelayanan pasien.
  3. SOP Administrasi : mengatur tata cara kegiatan dalam organisasi termasuk hubungan antar unit kerja. dan kegiatan-kegiatan non-medis.
• RUANG LINGKUP SOP:
  1. SOP Profesi mencakup :
  1. Pelayanan Medis meliputi:
Komite Medik/SMF. Rawat Inap. Rawat Jalan, Pelayanan Gawat Darurat, ICCU / ICU, Kamar Bedah dsb
Contoh:
-          SOP penanganan pasien untuk sesuatu penyakit (standar pelayanan medis Pielonefritis Akut, Konyungtivitis Purulenta, Perdarahan Antepartum, Tetanus Neonatorum, Apendisitis Akut dsb.
-          SOP untuk Diagnostik / Terapi : Punksi Lumbal, Biopsi Ginjal, WSO (Water Sealed Drainage) Thorax / Paru, Prosedur berbagai pemeriksaan Endoskopi, Pemberian obat kejang demam, penanganan renjatan anafilaktik
-          Standar Prosedur Operasional Radiodiagnostik (Standar Profesi Radiologi)
-           Prosedur Perinatal Risiko Tinggi
-          Prosedur penanganan kasus 5 besar (True emergency) di IGD. GD Bedah / GD Medik
-          dsb
SOP - 2 


b. Pelayanan Keperawatan
Contoh:
-          SOP/Standar asuhan keperawatan, Standar peralatan keperawatan, SOP Persiapan pasien operasi, dsb
c. Pelayanan Profesi lain meliputi :
Laboratorium, Radiologi, Rehabilitasi Medis, Farmasi, dsb Contoh:
- SOP pemeriksaan (teknis) laboratorium. Standar pelayanan radiologi. Dsb.
2. SOP Pelayanan (Manajerial) mencakup pelayanan-pelayanan medis secara umum :
Contoh:
Prosedur Dokter Jaga Ruangan. Prosedur Konsultasi Medis. Prosedur Rujukan Keluar RS, Prosedur Masuk/Keluar ICU, Pertemuan Klinik, Seleksi. Staf Medik, Pemilihan Ketua SMF, Prosedur Visite/Ronde. Pengawasan / Penerapan Standar Pelayanan Medik, Prosedur Penjadwalan Dokter / Perawat / Petugas lain Jaga di IGD. Prosedur Informed Consent, Prosedur Triage, Prosedur pengadaan obat / Alkes di IGD. Prosedur Rotasi-Mutasi-Cuti Perawat. Penerimaan Pasien di Ruang Rawat Anak, Prosedur Pelayanan Perbekalan Farmasi, Prosedur Pengelolaan Perbekalan Farmasi yang kadaluarsa. Prosedur Pengambilan Hasil Radiologi. Prosedur Penyimpanan Dokumen Paparan Radiasi (Radiologi). Pedoman Pengendalian Infeksi Nosokomial RS. Prosedur Sterilisasi. Prosedur Pengelolaan linen di Kamar Operasi, dsb
3. SOP Admlnistrasi umumnya mencakup kegiatan di unit-unit nonmedis :
Contoh:
Prosedur Pendaftaran Pasien. Petunjuk 'Teknis Penyelenggaraan Rekam Medis. Perencanaan Program / Proyek / Kegiatan ; Keuangan : Billing system. Akuntansi, Penyusunan Anggaran  / Penyusunan Master Budget ; Per1engkapan : Pengadaan perlengkapan. Pemeliharaan. Penghapusan : Kepegawaian : Penerimaan pegawai. Mutasi. Penilaian kepegawaian. Penghargaan, Pelatihan ; Pelaporan ; Prosedur­ - prosedur K-3 dan Kesehatan Lingkungan. Prosedur Administratif Instalasi Radiologi. Prosedur Penyimpanan Arsip Hasil Pemeriksaan Laboratorium, Pedoman Keamanan Karja Laboratorium, Prosedur Pemeliharaan & Perbaikan Alat (Lab/Radiologi / Kamar Operasi). Prosedur Asuransi, dsb

0 comments: